Filosofi hidup Straight edge Hardcore

Filosofi hidup Straight edge Hardcore


Sejak populernya genre musik rock pada awal 60-an banyak musisi pada waktu itu yang terlibat dengan penggunaan berbagai macam narkoba dan tentu saja minuman beralkohol, entah penggunaan tersebut sebagai pemuas kebutuhan pribadi musisi tersebut atau sebagai media kreatif untuk menciptakan suatu materi untuk membuat lagu. Di akhir warsa 60-an, Mick Jagger dan Keith Richards dari Rolling Stones sedang menghadapi persidangan karena di rumah mereka ditemukan berbagai macam obat terlarang. Akhirnya kedua musisi tersebut ditangkap polisi, walau akhirnya mereka dibebaskan, tapi masalah obat-obatan terlarang selalu membayangi Rolling Stones.
The Beatles di era kejayaannya, sering memakai LSD sebagai media kreatif mereka untuk menciptakan lagu. Konon, lagu Help dari The Beatles adalah lagu pertama yang dibuat di bawah pengaruh LSD. Karena banyaknya musisi-musisi rock yang sangat terpengaruh dengan alkohol narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya maka munculah idiom “sex, drugs and rock n roll”.
Pada tahun 70-an ketika genre musik punk lahir penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang makin marak. Akhir tahun 70-an seorang ikon musik punk, Sid Vicious basis dan vokalis dari grup musik, Sex Pistols dari Inggris meninggal dunia karena overdosis pada tahun 1979.


Pada akhir 70-an pula sebuah sub-genre dari musik punk yaitu hardcore, dengan irama dan tempo yang lebih cepat, disertai dengan vokal yang sedikit serak dan lirik yang provokatif persuasive lahir. Steven Blush dalam buku dan film dokumenternya American Hardcore, menerangkan bahwa ada tiga band utama yang berperan penting dalam lahirnya genre musik hardcore mereka adalah Black Flag, Bad Brains dan Minor Threat. Genre music hardcore inilah yang mengawali lahirnya gerakan counter culture terhadap penggunaan alkohol dan obat obatan terlarang yang merajalela dikalangan scene musik punk. Gerakan tersebut dinamakan Straight Edge sebuah nama yang di ambil dari judul lagu grup band Minor Threat. Pada perkembangannya straight edge menjadi sebuah filosofi gaya hidup sehat yang menyebar luas ke seluruh dunia, termasuk menyebar ke kota-kota besar di Indonesia.

Pengertian Straight Edge
Straight Edge adalah sebuah gaya hidup, filosofi dan pergerakan anak muda yang menganut anti penggunaan narkoba, penggunaan minuman beralkohol, merokok dan hubungan sex bebas, selalu berfikir positif, cinta terhadap lingkungan sekitar baik itu hewan maupun tumbuhan. Dalam perkembangannya, pergerakan straight edge yang garis keras, mereka menghidari penggunaan obat secara menyeluruh (termasuk penggunaan secara medis), tidak memakan daging, dan menjunjung tinggi hak-hak kebebasan hewan (Animal Rights, Animal Liberation dan Animal Welfare) yaitu menolak segala bentuk eksploitasi terhadap hewan untuk kebutuhan pangan, fashion atau mode, dan penggunaan hewan untuk eksperimen. Dan dalam gerakan straight edge yang garis keras mereka mempercayai bahwa sex adalah hanya untuk menghasilkan keturunan saja.
Awal mula lahirnya Straight edge
Ide tentang straight edge ini sebenarnya sudah ada di dalam lagu-lagu band protopunk tahun 70-an. Namun istilah Straight Edge dicetuskan oleh band Minor Threat, band ini disebut sebagai dasar gaya hidup ini, dalam sebuah lagu mereka yang berjudul Straight Edge.


Berikut Ini adalah lirik lagu straight edge dari Minor Threat

I'm a person just like you
But I've got better things to do
Than sit around and fuck my head
Hang out with the living dead
Snort white shit up my nose
Pass out at the shows
I don't even think about speed
That's something I just don't need
I've got the straight edge
I'm a person just like you
But I've got better things to do
Than sit around and smoke dope
'Cause I know I can cope
Laugh at the thought of eating ludes
Laugh at the thought of sniffing glue
Always gonna keep in touch
Never want to use a crutch
I've got the straight edge

Lirik utamanya adalah bagaimana band ini menghadapi berbagai penyalah gunaan narkoba seperti methaqualone, kokain, ganja, dan inhalant dan kehinaan bagi orang-orang yang menggunakan terlalu banyak obat-obatan, suatu hal yang umum selama pertunjukkan underground. Lirik pada bait kedua yang mereka bawakan adalah mereka tidak akan memaksakan untuk memakai narkoba.
Adalah Ian MacKaye vokalis dari Minor Threat yang menciptakan lagu tersebut pada tahun 1981 di Washington DC, lagu tersebut diciptakan karena ia merasa muak dengan kehidupan anak-anak muda dari scene musik punk yang pada waktu itu hobinya memakai narkoba dan mabuk-mabukan. Karena banyak anak muda yang merasakan hal yang sama dengan apa yang dirasakan oleh Ian MacKaye, maka straight edge ini dengan cepat berubah menjadi sebuah gerakan positif yang menjadi trend dan diikuti oleh banyak anak muda di kota-kota lain di Amerika dan Kanada. Band-band punk/hardcore kala itu yang menyuarakan kemuakan terhadap obat-obatan terlarang pun semakin banyak bermunculan.
Prinsip Dasar dalam Straight Edge
Prinsip dasar straight edge terdapat dalam lagu dari Minor Threat yang lain yang berjudul Out Of Step. Berikut ini adalah lirik dari lagu tersebut

Out of Step (with the world), 1981

Don't smoke
Don't drink
Don't fuck
At least I can fucking think
I can't keep up
Can't keep up
Can't keep up
Out of step with the world

Ada tiga hal yang utama yang menjadi prinsip dasar dalam Straight Edge, yaitu tidak merokok, tidak mabuk-mabukan (alkohol maupun narkoba) dan tidak melakukan sex bebas. Prinsip dasar ini dibuat oleh Ian MacKaye berdasarkan pada rasa hormat terhadap pikiran maupun tubuh sebagai suatu kolaborasi sempurna dari sebuah penciptaan manusia yang terlahir ke bumi. MacKaye tidak pernah memberikan batasan-batasan ataupun aturan-aturan untuk menciptakan seorang manusia yang sehat supaya ia mampu merasa menjadi orang yang istimewa di lingkungan suatu masyarakat. Prinsip dasar ini berkembang dari waktu ke waktu dan melahirkan suatu sub-culture dari straight edge, seperti misalnya vegan dan animal rights.


Simbol X dalam Straight Edge
Huruf X adalah simbol yang paling dikenal dari straight edge, yang umum dipakai sebagai tanda di punggung kedua tangan, tetapi bisa juga ditampilkan pada bagian tubuh lainnya. Beberapa pengikutnya dari straight edge ada juga yang dimasukkan simbol ke dalam pakaian, pin dan atribut lainnya. Teen Idles adalah band punk/hardcore pertama yang mempopulerkan penggunaan huruf X tersebut, band yang juga diotaki oleh Ian Mackaye sebelum ia bergabung dan mendirikan Minor Threat. Awal mula penggunaan tanda X ini adalah klub-klub punk di Washington DC pada waktu itu melarang remaja dibawah usia 20 tahun yang akan menonton acara musik punk untuk masuk ke klub tanpa diberi tanda x dikedua lengannya, sebagai maksud bahwa mereka belum boleh membeli minuman beralkohol di Klub tersebut. Tanda itu secepatnya diasosiasikan dengan gaya hidup straight edge. Dalam beberapa tahun, pada acara musik dan bahkan di klub-klub dansa di kota lain di Amerika telah memulai mengadopsikan sistem ini.
Sebuah variasi melibatkan trio X (xXx) berasal dari hasil karya seni yang dibuat oleh drummer Minor Threat yaitu Jeff Nelson, yang mana Jeff menggantikan tiga bintang dalam bendera Washington DC kampung halaman mereka menjadi X. Istilah ini terkadang dipendekkan dengan mencantumkan X dengan kependekkan istilah dari straight edge menjadi "sXe". Dengan analogi, hardcore punk terkadang dipendekkan menjadi "hXc". Simbol ini dapat digunakan sebagai sebuah jalan untuk membedakan sebuah band atau seseorang yang menganut paham straight edge, dengan menambahkan huruf x didepan dan belakang nama band atau nama seseorang tersebut.

Perkembangan Straight Edge Dari Masa Ke Masa
Oldschool dan Youth Crew (1980-akhir 80an)
Perkembangan gaya hidup Straight Edge ini banyak di adaptasi oleh band-band lainnya seperti, 7 Seconds, SSD, Uniform Choice, Cause for Alarm. Band-band tersebut adalah band hardcore punk yang berada di era “oldschool”. Band-band era ini lebih banyak berteriak tentang movement Straight Edge dibanding bernyanyi. Lagu mereka terdengar seperti orang yang sedang orasi dengan diiringi musik agresif dan cepat ala hardcore punk. Gaya seperti itu akhirnya menjadi ciri khas band hardcore punk di era “oldschool”. Pada awalnya paham ini berkembang di Washington D.C dan New York, kemudian akhirnya berkembang juga di Kanada.
Era “Youth Crew” lahir ketika band-band hardcore punk Straight Edge mulai menjamur dan akhirnya mereka memiliki kecenderungan untuk bersatu membuat pergerakan dan media sendiri untuk menyebar luaskan gaya hidup straight edge. Namun bukan berarti mereka tidak manggung bersama band-band yang non-straight edge. Mereka justru lebih mengedepankan semangat persatuan. Suatu komunitas yang lahir karena memiliki sudut pandang yang sama: yaitu menyukai musik punk/hardcore sebagai bagian dari subkultur yang tercipta saat itu. Gorilla Biscuits, Judge, Bold, Youth of Today mereka adalah beberapa band yang menonjol di era “Youth Crew”.
Seiring perkembangannya, straight edge mulai berkaitan juga dengan perihal pergerakan animal rights, vegan dan vegetarian. Youth Of Today adalah band yang paling lantang menyuarakan perihal hak-hak dan perlindungan terhadap hewan, vegan dan vegetarian pada tahun 1988. Dalam lirik lagu “No More”, Ray Cappo vokalis Youth Of Today menekankan tentang pandangannya terhadap hak-hak hewan dan vegan: “Meat-eating, flesh-eating, think about it/ so callous this crime we commit”. Sampai akhirnya banyak band yang menyuarakan hal yang sama dan hampir semua band di akhir tahun 1980-an di Amerika dan Kanada menyuarakan tentang hak-hak hewan dan kekejaman terhadap hewan. Namun bukan berarti juga bahwa seorang vegan/ vegetarian itu adalah seorang straight edge, begitu juga sebaliknya. Menjadi vegan/vegetarian bukanlah sebuah keharusan di dalam gaya hidup straight edge. Vegan dan vegetarian hanya bagian dari perkembangan straight edge itu sendiri dan semua kembali kepada pilihan masing-masing individu.

Hardline/Militan (1990an)
Salah satu topik yang sering menjadi kontroversi di kalangan Straight Edger adalah hardline dengan gerakannya yang berbentuk "militan" pada tahun 90an. Militant anti-drug, animal rights, pro lifers (menentang aborsi), pro choicers (hak-hak wanita) serta militant tehadap kerusakan lingkungan hidup adalah berbagai aksi serta masalah utama yang sering diangkat pada pertengahan tahun '90-an oleh hardcore scene dikawasan Amerika. hardline lebih memaksa seseorang untuk menjadi seorang Straight Edge. Band yang paling menonjol dengan sikap garis keras dan militannya adalah Earth Crisis. Setelah gaya hidup straight edge sempat berkembang sampai ke perihal vegan/vegetarian pada akhir 80an, di awal tahun 90an bermunculan band-band yang mengadopsi paham serupa namun mereka cenderung lebih militan. Militan disini mereka cenderung picik, mudah menuduh, minim toleransi terhadap non-straight edge dan berpotensi melakukan kekerasan. Mereka berpikir bahwa dengan metode gerakan yang keras dan militan akan lebih efektif dalam mempromosikan hidup bersih, padahal hal tersebut justru menjadi bomerang bagi mereka sendiri dan tentunya straight edge saat itu sempat tercoreng dan mulai menjadi bahan cemoohan di kalangan underground. Bahkan di kota-kota di Amerika seperti di Salt Lake City, Reno dan Seattle, polisi setempat mencap straight edge ini adalah sebuah geng yang meresahkan.

Era 2000-an Sampai Sekarang
Seiring dengan jalannya waktu dan lahirnya band-band baru, cap negatif terhadap straight edge berangsur-angsur pulih. Komunitas dan band-band straight edge tahun 2000′an mempersatukan kembali kultur punk rock kepada kondisi awalnya yang lebih toleran terhadap komunitas dan band-band lain yang non-straight edge. Kalangan straight edge mengalami pendewasaan, mereka sudah berbaur di satu panggung dengan band-band yang non-straight edge. Mengingat straight edge adalah gaya hidup yang lebih ke arah pilihan pribadi. Band-band straight edge yang menonjol di tahun 2000-an diantaranya adalah Allegiance, Casey Jones, Champion, Down to Nothing, Embrace Today, The First Step, Have Heart, Righteous Jams, Throwdown, xTyrantx, Fight Everyone dan Stick to Your Guns.



Posted by pecundang kece, Published at 4:48 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Luangkan Waktu Anda Untuk Mengisi Kotak Komentar Di Bawah Ini Agar Blog Ini Terus Maju =D
========
[-]No Spam
[-]No Sara
[-]No Porn
=========
[c] Admin Pecundangkece Blogger